Update Terbaru

28.8.12

Semakin Betah Hidup Di Timor Leste

Setelah beberapa hari hidup dan bekerja di Timor Leste, saya pun akhirnya mengambil keputusan untuk tinggal lebih lama di daerah ini. 

Alasan pertama adalah harga sewa (kontrak) rumah sangat murah, saat ini saya bahkan telah memperpanjang masa kontrak rumah dari hanya 5 hari menjadi 30 hari (bayar dimuka). Hal ini memungkinkan saya untuk hidup sehat (tidak lagi tidur di emper toko) - sehingga wellness (atau energi point) meningkat setiap hari, wellness besar berpengaruh dengan earning (gaji) yang diterima.

---

Nah, kali ini saya ingin berbagi tips tentang bagaimana seorang Tenaga Kerja Indonesia  seperti saya bisa bertahan hidup di dunia ANNO1777 tanpa sepeser pun uang modal.




Jika anda bermain di ANNO1777, maka yang perlu anda perhatikan pertama kali adalah ada atau tidaknya perumahan rakyat, baik beli rumah atau sewa rumah. Jika ada pastikan harga dan biaya sewanya tidak menggunakan GOLD melainkan menggunakan mata uang daerah yang bersangkutan.

Lalu perhatikan juga berapa rate gaji yang ditawarkan oleh perusahaan perusahaan yang ada di daerah itu. Apakah cukup besar sehingga anda mampu - paling tidak untuk menyewa rumah?

Sebagai contoh di Timor Leste, pada saat pertama kali datang di daerah ini, saya hanya memiliki wellness standard (10 point), gaji pertama saya setelah dipotong pajak ini itu adalah menerima bersih 0.67 TLD, harga sewa rumah level 1 untuk menambah +5 wellness perhari adalah sebesar 0.10 TLD - maka saya pun memutuskan untuk menyewa rumah selama 5 hari dengan harga 0.50 TLD

Setelah memiliki rumah walau kontrakan, wellness saya meningkat - artinya earning pun bertambah karena besarnya wellness mempengaruhi produktifitas kerja. Belum habis masa kontrak rumah saya telah memiliki dana cukup untuk mengontrak lebih lama lagi, sehingga tidak perlu khawatir dengan penambahan jumlah wellness selama  30 hari ke depan, sehingga bisa lebih fokus mengejar earning.

--

Itulah sekilas tips nya, jika di daerah anda tidak ada perumahan rakyat, jika anda masih saja tidur di emper toko dan bekerja dengan wellness standard, maka mungkin anda perlu memikirkan untuk pindah dan mencari kerja di daerah lain. 



Dan karena pastinya anda belum memiliki dana untuk menyewa alat transportasi, maka berjalan kaki adalah satu satunya pilihan .. hehehe







No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.